Home > Angkul Angkul Bali > Angkul Angkul Batu Bata Tradisional Pada Rumah Bali

Angkul Angkul Batu Bata Tradisional Pada Rumah Bali

Kontak Untuk Tanya Detail Tentang Angkulangkul :
Hubungi Via Telphone
Hubungi Via Whatsapp

Keberadaan angkul batu bata tradisional kini mulai nampak jarang dijumpai pada rumah-rumah di Bali. Hampir sebagian angkul-angkul saat ini dibangun dengan konsep modern dan minimalis.

Meskipun dikatakan sudah jarang dijumpai, namun keberadaan angkul-angkul batu bata tradisional masih dijaga dengan baik di beberapa desa seperti: Tenganan dan Penglipuran.

Sebab, angkul-angkul batu tradisional dipertimbangkan memiliki nilai yang lebih tinggi dari segi estetika.

Angkul-Angkul Batu Bata Tradisional

Dulunya, angkul-angkul tradisional dibuat dengan bahan tanah dan bahan batu bata. Untuk rumah masyarakat biasa, kebanyakan menggunakan bahan tanah polpolan karena bahan ini lebih murah dan mudah ditemukan.

Sementara itu, angkul-angkul tradisional memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan angkul-angkul dengan desain modern, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Dibangun Dengan Konsep Tri Angga

    Angkul Angkul Bali Batu Bata
    Angkul Angkul Bali Batu Bata - sumber: www.pinterest.com

Angkul-angkul tradisional menggunakan konsep yang utuh dalam pembuataanya. Dimana bangunan angkul-angkul, dibagi menjadi 3 bagian (Tri Angga) yang terdiri dari bagian kaki (nista), madya (badan), dan utama (kepala).

Berbeda dengan konsep modern, dimana bangunan-bangunan tidak memiliki konsep yang utuh, misalnya: tidak adanya bagian atap. Bagian atap angkul-angkul modern dibuat datar saja dan dihiasi dengan tumbuhan-tumbuhan rambat.

  1. Dihiasi Dengan Ornamen Yang Khas

    Angkul Angkul Tradisional Bali
    Angkul Angkul Tradisional Bali - sumber: pinterest.com

Angkul-angkul tradisional biasanya dihiasi dengan ornamen-ornamen tradisional yang khas, seperti: pahatan-pahatan batu alam dan patung-patung penjaga pintu.

Pahatan-pahatan umumnya berupa ornamen tempelan yang dipasang pada bagian dari kaki, badan, atau atap angkul-angkul. Untuk patung-patung penjaga, dibuat dengan wujud raksasa yang membawa senjata gada.

Dalam desain modern, ornamen-ornamen ini cenderung dibuat sesuai selera si pemilik rumah. Ada yang diisi lengkap, namun ada juga yang tidak sama sekali.

Harga Pagar Batu Bata Per Meter di Bali

Harga pagar batu bata per meter di Bali umumnya dapat berbeda-beda di tiap toko. Hal ini umumnya dipengaruhi oleh model pagar yang akan dibuat dan kualitas bahan yang digunakan.

Model pagar rumah Bali saat ini ada dibuat dengan konsep desain tradisional dan juga yang dengan konsep desain yang minimalis modern. Masing-masing konsep desain ini tentunya memiliki tampilan yang berbeda-beda.

Desain Pagar Rumah Bali Tradisional

Pagar Rumah Batu Bata Desain Tradisional
Pagar Rumah Batu Bata Bali Desain Tradisional - sumber: www.pinterest.com

Desain pagar rumah Bali dengan konsep tradisional menawarkan nuansa budaya yang sangat kuat. Ini bisa dilihat pada penggunaan ornamen-ornamen seni pahat di beberapa bagiannnya.

Seni pahat ini bisa berupa patung-patung atau relief-relief yang dibuat bahan dari batu alam. Penempatannya bisa ditemukan di beberapa sisi luar atau sudut pagar.

Pagar tradisional ini dibuat menyatu dari sisi kanan bangungan angkul-angkul (pintu masuk), mengelilingi isi rumah, dan menyambung ke sisi kiri bangunan angkul-angkul.

Masyarkata Bali sering menyebut pagar pembatas rumah ini dengan tembok penyengker. Dalam bahasa Bali, penyengker ini berasal dari kata sengker yang berarti pelindung.

Berkaitan dengan mana tersebut, tembok penyengker memiliki fungsi spiritual sebagi pelindung penghuni rumah dari gangguan-gangguan khususnya yang bersifat gaib.

Selain itu, tembok penyengker ini juga memiliki simbol sebagai penjaga privasi. Dimana semua hal yang ada di dalam rumah agar tidak terlihat langsung dari luar.

Desain Pagar Rumah Bali Modern

Pagar Rumah Batu Bata Bali Modern
Pagar Rumah Batu Bata Bali Modern - sumber: www.pinterest.com

Sementara untuk desain pagar rumah Bali dengan konsep modern, umumnya banyak diterapkan pada rumah-rumah yang minimalis.

Desain pagar rumah modern dibuat dengan sederhana, dimana penggunaan ornamen-ornamen lebih sedikit dan bahkan tidak ada sama sekali.

Sebagai gantinya, pagar rumah modern ini umumnya dihiasi dengan tanaman rambat untuk menciptakan kesan yang lebih hijau. Di beberapa bagiannya juga dilengkapi dengan lampu-lampu untuk penerangan di malam hari.

Baik konsep desain pagar batu bata tradisional maupun modern keduanya memiliki keunikannya masing-masing. Sekarang kembali ke selera masing-masing.

Konsep Angkul Angkul Bali Minimalis Untuk Rumah Yang Indah

Konsep Angkul Angkul Bali Minimalis memang menjadi hal yang sangat menarik untuk dibahas, terutama bagi yang sedang berencana buat bangunan pintu masuk rumah Bali masa kini.

Bila dilihat secara saksama, angkul-angkul minimalis tentu mempunyai perbedaan dengan angkul-angkul bergaya stil Bali. Nah, mari kita bahas secara lengkap di bawah ini.

Desain Angkul Angkul Minimalis

Angkul Angkul Bali Minimalis
Angkul Angkul Bali Minimalis

Berbicara tentang minimalis, mungkin di benak anda akan muncul sesuatu yang didesain dengan sangat sederhana. Begitu pula, dengan angkul-angkul bergaya minimalis memang dirancang dengan model lebih simple dibandingkan model angkul-angkul stil Bali.

Bila pada angkul-angkul stil Bali umumnya dipenuhi ornamen-ornamen tradisional yang berupa seni ukir atau seni pahat, maka pada angkul-angkul minimalis lebih sedikit dijumpai penggunaan ornamen-ornamen penghias ini.

Angkul Angkul Minimalis Bali
Angkul Angkul Minimalis Bali

Angkul-angkul minimalis saat ini dibuat menggunakan bahan batu alam. Dimana bagian atasnya, ada yang dikasi atap (genteng atau alang-alang) dan ada juga dibuat tanpa atap (hanya dibuat datar).

Sementara di bagian depan, ada yang dilengkapi dengan patung dan ada juga yang tidak. Patung yang biasanya dipakai pada angkul-angkul adalah Patung Dwarapala, patung yang berwujud raksasa dengan senjata gada.

Ukuran Pintu Angkul Angkul Minimalis

Angkul Angkul Minimalis Modern
Angkul Angkul Minimalis Modern

Ukuran pintu dari angkul-angkul minimalis saat ini umumnya dibuat dengan lebar yang bervariasi sesuai selera dan keperluan si pemilik rumah.

Sebagian besar, ukuran pintu masuk ini dibuat dengan lebar agar cukup dilalui sepeda motor. Beberapa juga ada yang membuat ukuran pintu dengan lebar agar cukup dilalui kendaraan mobil.

Angkul Angkul Minimalis Terbaru
Angkul Angkul Minimalis Terbaru
Angkul Angkul Minimalis
Angkul Angkul Minimalis
Angkul Angkul Rumah Minimalis
Angkul Angkul Rumah Minimalis

Untuk ukuran pintu masuk pada bangunan angkul-angkul, tidak ada sebuah standar yang pasti. Namun dilihat pada jaman dahulu, kebanyakan orang membuat angkul-angkul dengan lebar apajengking (selebar orang dewasa yang sedang bercakak pinggang).

Angkul Angkul Batu Alam Dengan Konsep Style Bali

Angkul Angkul Batu Alam memang menawarkan kesan yang berbeda bila dibandingkan dengan angkul-angkul dari bahan lainnya seperti batu bata maupun beton cetakan.

Batu alam memiliki tampilan warna yang cenderung unik dan natural serta memberikan kesan yang lebih mewah dan elegan pada bangunan angkul-angkul. Untuk anda yang ingin membuat nuansa yang lebih indah pada bangunan angkul-angkul, sangat recommended untuk menggunakan bahan material ini.

Angkul Angkul Batu Alam Konsep Style Bali

Angkul Angkul Style Bali
Angkul Angkul Style Bali

Salah satu konsep desain angkul-angkul batu alam yang paling banyak diterapkan saat ini adalah konsep style Bali. Yang mana konsep desain ini lebih menonjolkan pada nilai estetikanya.

Bangunan angkul-angkul dibuat dengan struktur yang lebih kompleks dan terdiri dari 3 bagian yaitu: bagian kaki (nista), bagian badan (madya), dan bagian atap (utama). Ketiga bagian ini sering dikenal dengan konsep Tri Angga oleh masyarakat Bali.

Di setiap bagian tersebut, biasanya akan dihiasi dengan ornamen-ornamen tradisional Bali yang berupa ukiran-ukiran atau pahat-pahatan.

Untuk di bagian depan angkul-angkul, terdapat 2 patung berpose seperti penjang yang ditempatkan sisi pintu. Patung ini dikenal dengan nama Patung Dwarpala, patung yang berwujud raksasa yang membawa senjata gada.

Ide Desain Angkul Angkul Style Bali

Berikut merupakan beberapa ide desain angkul-angkul style Bali yang bisa anda terapkan di rumah.

Model Angkul Angkul Bali
Model Angkul Angkul Bali
Harga Angkul Angkul Bali
Harga Angkul Angkul Bali
Desain Angkul Angkul Batu Alam
Desain Angkul Angkul Batu Alam
Angkul Angkul Desain Batu Alam
Angkul Angkul Desain Batu Alam
Angkul Angkul Batu Alam Stil Bali
Angkul Angkul Batu Alam Stil Bali

angkul-angkul batu bata, angkul angkul, angkul angkul minimalis, angkul angkul batu alam, model angkul, angkul minimalis, harga angkul angkul bali, jual angkul angkul minimalis, angkul angkul rumah bali, angkul angkul minimalis batu alam, angkul angkul rumah minimalis, harga angkul angkul, harga angkul angkul di bali, harga pintu angkul angkul bali, jual angkul angkul bali, angkul angkul minimalis modern, angkul angkul minimalis terbaru, angkul angkul minimalis bali, angkul angkul rumah minimalis, angkul angkul minimalis modern, angkul angkul bali, angkul angkul bali minimalis, angkul angkul bali modern, angkul angkul bali sederhana, angkul angkul bali modern, angkul angkul stil bali, angkul angkul style bali, angkul-angkul sederhana, angkul angkul cetakan, desain angkul angkul, desain angkul angkul bali, desain angkul angkul minimalis, contoh angkul-angkul bali, contoh angkul angkul minimalis, foto angkul-angkul, foto angkul-angkul bali, foto pintu angkul angkul, gambar angkul angkul, gambar angkul angkul minimalis, gambar angkul angkul bali, gambar angkul angkul rumah bali, model angkul angkul, model angkul angkul rumah, model angkul angkul bali, ukuran angkul angkul, ukuran angkul-angkul bali, angkul-angkul bali modern, angkul-angkul rumah bali, angkul-angkul bali, angkul-angkul batu bata, angkul-angkul sederhana, angkul-angkul bali sederhana,

Angkul Angkul Style Bali Batu Bata Dengan Ukiran Batu Alam

Desain Angkul Angkul Style Bali sampai sekarang tetap menjadi pilihan oleh beberapa orang di dalam pembuatan bangunan pintu masuk rumah.

Model angkul-angkul ini mempunyai ciri khas materialnya yang dibuat dari kombinasi batu bata dan batu alam. Batu bata digunakan dalam pembuatan struktur bangunan sementara batu alam digunakan untuk ornamen-ornamen penghiasnya.

Struktur Bangunan Angkul Angkul

Jual Angkul Angkul Style Bali
Jual Angkul Angkul Style Bali

Dalam pembuatan bangunan, masyarakat Bali selalu menerapkan konsep Tri Angga. Dimana bangunan dibagi menjadi 3 bagian yaitu: bagian kaki (nista), bagian badan (madya), dan bagian atap (utama).

Angkul Angkul Stil Bali
Angkul Angkul Stil Bali

Konsep ini juga dipakai dalam pembuatan Angkul-Angkul Style Bali. Mulai dari bagian kaki hingga bagian atap, semua dibuat detail dengan bahan material umumnya dari batu bata.

Penggunaan Ornamen Ukiran Batu Alam

Desain Angkul Angkul Style Bali
Desain Angkul Angkul Style Bali

Ornamen-ornamen ukiran yang dipakai terbuat dari bahan batu alam dengan motif-motif tradisional khas Bali. Ornamen-ornamen ini umumnya dipasang hampir menghiasi seluruh bagian bangunan angkul-angkul.

Harga Angkul Angkul Style Bali
Harga Angkul Angkul Style Bali
Model Angkul Angkul Style Bali
Model Angkul Angkul Style Bali

Dengan adanya penggunaan ornamen ukiran tersebut, tentu dapat menambah nilai estetika pada bangunan serta memberikan kesan yang lebih menarik pada rumah.