Home >> Angkul Angkul Batu Bata >> Harga Pagar Batu Bata Per Meter di Bali

Harga Pagar Batu Bata Per Meter di Bali

Harga pagar batu bata per meter di Bali umumnya dapat berbeda-beda di tiap toko. Hal ini umumnya dipengaruhi oleh model pagar yang akan dibuat dan kualitas bahan yang digunakan.

Model pagar rumah Bali saat ini ada dibuat dengan konsep desain tradisional dan juga yang dengan konsep desain yang minimalis modern. Masing-masing konsep desain ini tentunya memiliki tampilan yang berbeda-beda.

Desain Pagar Rumah Bali Tradisional

Pagar Rumah Batu Bata Bali Desain Tradisional - sumber: www.pinterest.com

Desain pagar rumah Bali dengan konsep tradisional menawarkan nuansa budaya yang sangat kuat. Ini bisa dilihat pada penggunaan ornamen-ornamen seni pahat di beberapa bagiannnya.

Seni pahat ini bisa berupa patung-patung atau relief-relief yang dibuat bahan dari batu alam. Penempatannya bisa ditemukan di beberapa sisi luar atau sudut pagar.

Pagar tradisional ini dibuat menyatu dari sisi kanan bangungan angkul-angkul (pintu masuk), mengelilingi isi rumah, dan menyambung ke sisi kiri bangunan angkul-angkul.

Masyarkata Bali sering menyebut pagar pembatas rumah ini dengan tembok penyengker. Dalam bahasa Bali, penyengker ini berasal dari kata sengker yang berarti pelindung.

Berkaitan dengan mana tersebut, tembok penyengker memiliki fungsi spiritual sebagi pelindung penghuni rumah dari gangguan-gangguan khususnya yang bersifat gaib.

Selain itu, tembok penyengker ini juga memiliki simbol sebagai penjaga privasi. Dimana semua hal yang ada di dalam rumah agar tidak terlihat langsung dari luar.

Desain Pagar Rumah Bali Modern

Pagar Rumah Batu Bata Bali Modern - sumber: www.pinterest.com

Sementara untuk desain pagar rumah Bali dengan konsep modern, umumnya banyak diterapkan pada rumah-rumah yang minimalis.

Desain pagar rumah modern dibuat dengan sederhana, dimana penggunaan ornamen-ornamen lebih sedikit dan bahkan tidak ada sama sekali.

Sebagai gantinya, pagar rumah modern ini umumnya dihiasi dengan tanaman rambat untuk menciptakan kesan yang lebih hijau. Di beberapa bagiannya juga dilengkapi dengan lampu-lampu untuk penerangan di malam hari.

Baik konsep desain pagar batu bata tradisional maupun modern keduanya memiliki keunikannya masing-masing. Sekarang kembali ke selera masing-masing.